Minggu, 09 Oktober 2011

Soal Bhs.Ind.Kls.6 Lat.4

Soal Latihan 4 :
Mapel        : Bhs.Indonesia
Kelas         : 6
Semester   : 1


Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar!


1.   Penggunaan huruf kapital dalam kalimat berikut ini yang benar adalah .......

A.Di teluk Jakarta terdapat Kepulauan Seribu.
B.Di teluk jakarta terdapat Kepulauan Seribu.
C.Di Teluk Jakarta terdapat Kepulauan seribu.
D.Di Teluk Jakarta terdapat kepulauan seribu.

2.   Yustito : "Nis, sudahkah kamu mendengar kabar gembira ?" 
Hanis   : "Kabar apa Yus?" 
Yustito : "Rencana sekolah kita" 
Hanis   : "Rencana yang mana?" 
Yustito : "Besok tanggal 9 Juli, sekolah kita akan mengadakan Persami." 
Inti percakapan di atas adalah ......

A.Tanggal 9 Juli sekolah mereka Persami.
B.Hanis belum mengetahui kabar gembira.
C.Rencana sekolah mereka bulan Juli.
D.Yustito memberi kabar kepada Hanis.

3.   Rina tampak gelisah sebentar-sebentar ia melihat keluar. Ia mengharap adiknya cepat pulang. Ia tidak sabar, ingin segera menjenguk ibunya yang dirawat di rumah sakit. 
Inti cuplikan cerita di atas adalah ......

A.Rina mengharap adiknya cepat pulang.
B.Adik Rina belum pulang.
C.Rina ingin segera pergi menjenguk ibunya.
D.Ibunya dirawat di rumah sakit.

4.   (1) Setibanya di tempat telepon ia antri di depan telepon. 
(2) Dewi berangkat ke tempat telepon umum. 
(3) Ia membicarakan hal-hal yang penting saja. 
(4) Dia menelepon temannya untuk belajar bersama. 

Paragraf yang padu dari kalimat acak di atas ialah .......

A.(1)-(2)-(3)-(4)
B.(3)-(4)-(1)-(2)
C.(2)-(1)-(3)-(4)
D.(3)-(1)-(2)-(4)

5.   Kalimat di bawah ini yang berketerangan tempat adalah .......

A.Latif menghafalkan rumus geometri selama dua hari.
B.Latif menghafalkan rumus geometri bersama temannya.
C.Latif menghafalkan rumus geometri di ruang tamu.
D.Latif menghafalkan rumus geometri karena disuruh guru.

6.   Liburan yang lalu saya berlibur di rumah nenek. Di sana saya belajar menanam jagung di kebun nenek. Waktu saya akan pulang tanaman jagung itu sudah tumbuh dengan subur. Saya senang sekali dan saya berpesan kepada nenek supaya menjaga tanaman jagung saya ...... Saya menanyakan tanaman jagung saya. Setelah sebulan surat balasan pun datang. 

Kalimat yang cocok untuk melengkapi bagian tengah cerita yang dihilangkan adalah .......

A.Jagung saya ternyata sudah tumbuh.
B.Sebulan kemudian saya mengirim surat kepada nenek
C.Nenek menjual jagung ke pasar
D.Nenek seorang petani yang berhasil

7.   Kemumu di dalam semak 
jatuh melayang selaranya 
...................................
Isi yang paling sesuai dengan sampiran pantun di atas adalah .......

A.Meski ilmu setinggi langit
tidak sembahyang apa gunanya
B.Meski ilmu tinggi tegak
tidak sembahyang apa gunanya
C.Meskipun ilmu sangat tinggi
tidak sembahyang apa gunanya
D.Meski ilmu tinggi tegak
semua tiada berguna

8.   Orang yang mengerjakan suatu pekerjaan karena ada maksud tertentu. 
Peribahasa di bawah ini yang sesuai dengan maksud tersebut di atas adalah .......

A.Ada gula ada semut.
B.Asal ada, kecilpun ada.
C.Ada udang di balik batu.
D.Ada sama dimakan, tak ada sama ditahan.

9.   Membeli obat sebaiknya di apotek.
Arti kata apotek adalah .......

A.penjual obat-obatan
B.pembuat obat-obatan
C.pembeli obat-obatan
D.tempat menjual obat-obatan

10.   Ida mengatakan bahwa adiknya Juara Satu. 
Kalimat langsung dari kalimat di atas adalah .......

A.Ida berkata, "Adiknya Juara Satu."
B.Ida berkata, "Adiknya saya Juara Satu."
C.Ida berkata, "Adikku Juara Satu."
D.Ida berkata, "Adik kita Juara Satu."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar